SELAMAT DATANG DI BLOG MI DARUL ULUM PANARAGAN JAYA, BLOG INI UNTUK MEMBERIKAN INFORMASI TENTANG MI DARUL ULUM. DAN MENJELANG PENERIMAAN SISWA BARU TA. 2012-2013 KAMI MULAI MEMBUKA PENDAFTARAN SISWA/SISWI BARU INFO LENGKAP HUB: 085279721024 / 085768840523
"Giving the best education for the next muslim generation"

Rabu, 17 Oktober 2012

LABORATORIUM VIRTUAL


AYO MANFAATKAN LABORATORIUM VIRTUAL

Laboratorium virtual atau bisa disebut dengan istilah Virtual Labs adalah serangkaian alat-alat laboratorium yang berbentuk perangkat lunak (software) komputer berbasis multimedia interaktif, yang dioperasikan dengan komputer dan dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium seakan-akan pengguna berada pada laboratorium sebenarnya. Laboratorium virtual potensial untuk memberikan peningkatan secara signifikan dan pengalaman belajar yang lebih efektif. Pengembangan laboratorium virtual ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan belajar yang dialami oleh peserta didik dan mengatasi permasalahan biaya dalam pengadaan alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan praktikum bagi sekolah-sekolah yang kurang mampu.

Melalui pembelajaran multimedia dalam bentuk laboratorium virtual, secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, melalui laboratorium virtual, bisa dilakukan penghematan biaya riset, serta riset-riset yang dahulu tidak mungkin dilakukan, karena keterbatasan pengkondisian sistem, saat ini telah bisa dilakukan (Reismeiyanto, 2008).
Menurut Farreira (2010), Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan laboratorium virtual online adalah
  1. Mengurangi keterbatasan waktu, jika tidak ada cukup waktu  untuk mengajari seluruh peserta didik di dalam lab hingga mereka paham,
  2. Mengurangi hambatan geografis, jika terdapat siswa atau mahasiswa yang berlokasi jauh dari pusat pembelajaran (kampus),
  3. Ekonomis, tidak membutuhkan bangunan lab, alat-alat dan bahan-bahan seperti pada laboratorium konvensional,
  4. Meningkatkan kualitas eksperimen, karena memungkinkan untuk diulang untuk memperjelas keraguan dalam pengukuran di lab,
  5. Meningkatkan efektivitas pembelajaran, karena siswa atau mahasiswa akan semakin lama menghabiskan waktunya dalam lab virtual tersebut berulang-ulang,
  6. Meningkatkan keamanan dan keselamatan, karena tidak berinteraksi dengan alat dan bahan kimia yang nyata.
Kelemahan dalam pemanfaatan Laboratorium Virtual online :
  1. Peserta didik harus online (terkoneksi internet) untuk menjalankan simulasi suatu praktikum.
  2. Keterbatasan pengetahuan mengenai tata cara pelaksanaan praktikum online, karena kebanyakan penyedia layanan Virtual Labs menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
  3. Kurangnya pengalaman secara riil di laboratorium nyata, sehingga terjadi kebingungan peserta didik dalam merangkai alat dan mengoperasikannya.
  4. Laboratorium Virtual tidak memberikan pengalaman di lapangan secara nyata.
Beberapa penyedia layanan Laboratorium Virtual (Virtual Labs) memberikan layanan secara gratis dan sebagiannya lagi secara berbayar. Kita bisa memanfaatkan Virtual Labs gratis untuk menunjang pemahaman peserta didik kita dalam memahami suatu konsep. Kadang guru tidak sempat melakukan praktikum bersama siswa karena adanya keterbatasan waktu ataupun karena keterbatasan peralatan serta sarana prasana praktikum. Virtual Labs menjadi solusi terbaik untuk melakukan praktikum secara “REAL TIME” kapanpun dan dimanapun peserta didik berada.
LINK VIRTUAL LABS GRATIS
Berikut saya cantumkan beberapa sumber penyedia layanan Virtual Labs secara gratis yang bisa kita manfaatkan. Semua layanan menggunakan bahsa Inggris sebagai pengantarnya.
Persyaratan teknis komputer agar bisa mengakses Virtual Labs yaitu :
1. Terinstal Flash Player
Penyedia layanan Virtual Labs gratis diantaranya yaitu :
India memperkenalkan laboratorium virtual sains dan teknik pertama di negeri itu. Laboratorium yang diluncurkan pada 23 Februari 2012 ini bertujuan memberikan fasilitas laboratorium sains dan teknik kepada pelajar negeri itu sehingga bisa melakukan eksperimen secara online.
Laboratorium bertajuk Virtual Labs Project ini dapat memfasilitasi percobaan dalam 97 bidang di sembilan disiplin sains dan teknik termasuk elektronik dan komunikasi, teknik sipil, ilmu komputer, teknik rekayasa, bioteknologi, dan rekayasa biomedis.
Para pendukung proyek mengatakan bahwa laboratorium virtual merupakan cara untuk menangani kekurangan pengajar di perguruan tinggi teknik di India. Demikian seperti dikutip dari University World News, Senin (12/3/2012). (Sumber : http://kampus.okezone.com)
3. McGraw-Hill Biology: Virtual Laboratory Links :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar